FAQ Homestay Study Tour

Tokyo 2-9 Juli 2010

(Pendaftaran diperpanjang sampai dengan 10 Mei 2010)

1. Berapa Biaya?

345,000 yen (bayar rupiah per 31 Mei 2010)

2. Diskon?

Bayar sekaligus tunai (bukan cicilan) dapat diskon 5%. Siswa Pandan College dapat diskon 10% bayar sekaligus. Siswa PC bayar cicilan dapat diskon 5%.

3. Umum bayar cicilan tidak dapat diskon?

Tidak. Cicilan hanya bisa dua kali. Pertama bayar selambatnya 3 Mei 2010 (Rp.20 juta) dan kedua kali pelunasan selambatnya 31 Mei 2010.

4. Keluarga siswa siapa saja?

Ayah, Ibu, Kakak, Adik, dibuktikan dengan memberikan copy Kartu Keluarga.

5. Nenek atau kakek tidak dapat diskon? Keponakan tidak dapat diskon?

Tidak. Disamakan dengan umum. Bayar semua sekaligus diskon 5%.

6. Kunjungan ke mana?

Kunjungan (Rencana Sementara) ke Electric town Akihabara, anime shop, Takeshita Douri, Omotesando, Ginza kota termahal di dunia, Harajuku melihat kehidupan anak muda dengan rambut dicat warna-warni, DisneyLand, Meiji Jingu Shrine, Shibuya dengan persimpangan jalan paling ramai di dunia, Tokyo Tower, Tsukishima (makan okonomiyaki bersantai sambil memasak bersama), cruising pantai di Jepang, Shinagawa Big Aquarium, Asakusa, dan masih banyak obyek wisata menarik lain.

7. Apakah akan ada perubahan?

Ada perubahan tetapi tidak akan kurang dari rencana tersebut.

8. Rincian acara apakah boleh lihat?

Boleh, silakan minta langsung tel 0361-255-225 ke uketsuke (Desk Penerima Tamu) Pandan College.

9. Benarkah homestay di rumah orang Jepang?

Benar. Selama dua malam sejak kedatangan. Sisa waktu tinggal di Hotel.

10. Kok sebentar amat sih hanya dua malam?

Orang Jepang rumahnya kecil tidak seperti di Indonesia. Kedatangan tamu akan terasa memiliki tanggungjawab besar untuk melayani tamu sebaik mungkin di lokasi rumahnya yang sempit. Selama dua malam itulah manfaatkan bersosialisasi dengan baik langsung dengan orang Jepang, sehingga dapat mengetahui kehidupan mereka yang sebenarnya.

11. Saya tak bisa bahasa Jepang?

Justru yang tidak bisa bahasa Jepang disarankan ke Jepang untuk belajar bahasa Jepang. Selama seminggu kunjungan Tour ini, setiap pagi selama dua jam akan belajar bahasa Jepang di sekolah bahasa Jepang yang baik di Tokyo. Mudah-mudahan sepulang dari Tokyo akan fasih berbahasa Jepang yang sederhana.

12. Saya sudah bisa bahasa Jepang tak masalah ya?

Akan semakin dipoles lebih baik lagi di Tokyo karena belajar di sekolah khusus bahasa Jepang dengan guru yang professional pengajar bahasa Jepang. Satu kesempatan untuk mengembangkan kecakapan bahasa dan sekaligus meningkatkan kecintaan terhadap Jepang.

13. Orangtua saya juga akan ikut. Bisa tidur bersama satu atap dengan orang Jepang?

Sangat disarankan untuk pisah jangan bersama-sama. Mengapa? Pertama, kita tidak akan bisa praktek bahasa Jepang dengan baik karena bersama satu keluarga terus. Kedua, Rumah orang Jepang kecil sempit jadi ada kemungkinan tidur terpisah. Ayah dan ibu di rumah Mr. A, anda tinggal di rumah Mr. B.

14. Kalau tidak jadi berangkat bagaimana?

Uang yang telah dibayarkan dengan alasan apa pun tidak akan dikembalikan.

15. Berapa orang yang akan ikut?

Maksimum 20 orang.

16. Asuransi dan Fiskal bagaimana?

Tidak termasuk biata Tour. Peserta sangat diwajibkan mengasuransikan diri terhadap kecelakaan dan kesehatan/sakit. Tanpa asuransi kami akan menolak peserta ikut serta Tour ini meskipun telah bayar lunas.

17. Visa Jepang bagaimana?

Organizer (kami) yang akan mengurus semuanya. Peserta tinggal berangkat saja. Namun untuk itu sangat diharapkan kerjasama Peserta guna melancarkan kemudahan perolehan Visa ke Jepang. Melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan (disyaratkan) oleh Kedutaan/Konsul Jenderal Jepang.

18. Apa sih persyaratannya Visa ke Jepang?

Antara lain Mengisi Formulir Visa, tandatangan sesuai paspor, dokumen paspor asli, pasfoto, copy buku tabungan terakhir, dan sebagainya yang akan kami beritahu setelah pembayaran dilunasi.

19. Bagaimana cuaca di Jepang awal Juli itu?

Panas, jadi sebaiknya bawa baju katun, kaos yang menyerap keringat. Panas di Jepang Juli Agustus bisa mencapai 45 derajat Celcius. Tapi awal Juli itu mungkin sekitar 33 derajat Celcius mirip di Jakarta.

20. Berangkat dari mana?

Berangkat dari Jakarta dan dari Bali. Rombongan berangkat dari Jakarta akan dipandu oleh Tour Guide kami. Pesawat Garuda Indonesia ke Tokyo melalui Bali. Jadi di Bali akan bertemu dengan rombongan/peserta yang berasal dari Bali. Di Bali pun akan dipandu oleh Tour Guide kami. Instruksi lebih lanjut akan diberikan setelah pelunasan biaya Tour semua.

21. Anak-anak bisa dapat diskon 50%?

Hanya anak berusia sampai dengan 6 bulan dapat diskon 50%. Lebih dari enam bulan bayar penuh 100%. Kecuali bayar semua di muka dapat diskon 5% (umum), 10% bagi siswa/keluarga Pandan College.

22. Anak saya masih Sekolah Dasar (SD) apakah bisa dibiarkan pergi sendiri?

Bisa. Kami akan menjaga dengan baik putra-putri ibu/bapak yang berangkat sendiri. Justru hal ini akan membuat mereka menjadi semakin dewasa berangkat sendiri ke luar Indonesia, memberikan wawasan yang lebih luas dan pengetahuan jauh lebih baik lagi untuk modal hidup masa depannya yang lebih cerah. Tentu perlu kerjasama pihak orangtua, misalnya informasi penyakit yang diderita sang anak perlu kami ketahui, makanan yang tidak disukai, dan sebagainya. Tanpa informasi lengkap hal ini akan menyulitkan kami selama perjalanan Tour tersebut. Juga kemungkinan akan menyulitkan peserta lain.

23. Kalau saya ke luar dari jadwal Tour apakah boleh dan apakah uang bisa lebih murah?

Boleh saja memisahkan diri di Jepang, tetapi ada dua hal penting. Pertama, pulang harus bersama kami 9 Juli 2010 kembali ke Indonesia. Kedua, tidak ada pengembalian uang apa pun, tidak ada pengurangan apa pun dari biaya yang telah dibayarkan penuh tersebut.

24. Kalau sakit di Jepang dan tak bisa ikut penuh jadwal Tour, uang bisa kembali?

Dengan segala alasan apa pun, termasuk sakit, dll, uang yang telah dibayarkan tak dapat dikurangi dan tak dapat kembali dengan alasan apa pun juga. Apabila sakit, akan akan berusaha membantu agar sehat kembali, tetapi kalau sudah harus masuk rumah sakit semua biaya menjadi beban tanggungjawab peserta. Itu sebabnya kami mengharuskan peserta meng-cover diri sendiri dengan asuransi kesehatan dan kecelakaan bepergian ke luar negeri. Tanpa asuransi, kami tak akan memperkenankan ikut serta, meskipun telah bayar penuh kepada kami. Uang itu pun tak akan dapat dikembalikan kepada peserta.

25. Supaya tetap sehat apa yang diperlukan?

Musim panas di Tokyo agak panas, jadi direkomendasikan membawa topi putih agar dapat melindungi kepala. Ikutilah semua petunjuk Tour Guide kami. Jangan lupa bawa semua obat saudara dari Indonesia agar tak kesulitan di Jepang.

26. Bagaimana supaya persiapan bisa baik sebelum pergi?

Lakukan Pencatatan Tertulis pada buku catatan saudara. Catat semua yang akan dibawa terutama terkait kesehatan saudara, misalnya, obat, dll. Tanpa catatan pasti akan terlupa dan kalau sudah demikian akan menyulitkan saudara sendiri bahkan mungkin juga menyulitkan kami semua peserta Tour. Ingat, semua harga di Jepang mahal 5-10 kali lipat dari harga di Indonesia. Jadi siaplah membawa uang juga agak banyak sedikitnya 1000 dolar AS.

27. Bawa uang dolar atau Yen?

Tentu saja bawa uang Yen karena Jepang. Tukar rupiah ke Yen di Indonesia, jangan di Jepang karena di Jepang tidak bisa tukar rupiah ke Yen. Apabila bawa dolar AS akan rugi dua kali karena pertama rugi nilai tukar rupiah ke dolar AS dan kedua kali rugi saat nilai tukar dolar AS ke Yen.

28. Berapa usia peserta?

Berapa pun usia peserta Tour diterima. Namun tentu apabila terlalu kecil atau terlalu tua, menjadi resiko dan tanggungjawab peserta sendiri apabila terjadi sesuatu selama perjalanan tour. Olehkarena itu mohon mengasuransikan diri yang dianggap terbaik oleh peserta sendiri.

29. Apakah termasuk makan?

Biaya sudah termasuk makan tiga kali sehari, pengurusan Visa ke Jepang, dan segala hal yang telah tercantum di atas.

30. Saya tak tahu apakah bisa ikut atau tidak, apakah bisa ditunggu sampai mendekati 2 Juli nanti?

Sangat disarankan Uang pendaftaran dulu satu juta dinantikan sampai dengan 30 April 2010. Karena jumlah peserta sangat terbatas, apabila tidak daftar dulu dan peserta sangat banyak maka dapat ditolak bila terlambat (first come first serve).

31. Apakah bisa langsung pintar berbahasa Jepang bila sudah ikut belajar bahasa Jepang di Jepang?

Fasih atau tidak berbahasa Jepang tergantung kepada peserta sendiri. Sekolah dan guru serta lokasi dan lingkungan Jepang hanya sebagai jembatan untuk semakin memudahkan kita belajar. Tapi kalau semangat belajar kita tak ada, perhatian kepada budaya dan tata cara hidup Jepang tidak ada, puluhan tahun pun tinggal di Jepang pun tidak akan bisa fasih berbahasa Jepang.

32. Jadi acaranya seperti pertukaran budaya?

Betul sekali, pertukaran budaya mini langsung di negeri Sakura dalam kurun waktu satu minggu.

33. Ada ujian kecakapan bahasa Jepang 4 Juli bisa ikut?

Tentu saja. Bagi yang ingin ikut ujian kecakapan bahasa Jepang di Tokyo (NNS) di Tokyo 4 Juli 2010, dipersilakan dan dapat daftar terlebih dulu di Pandan College dengan biaya ujian satu juta rupiah. Pendaftaran di Pandan College ditunggu selambatnya 31 Maret 2010.

34. Berapa orang maksimal ikut Tour ini?

Maksimal 20 orang. Apabila jumlah peserta tour tidak sampai 10 orang ada kemungkinan pembatalan tour. Uang akan dikembalikan sepenuhnya ke semua peserta yang telah bayar.

Organizer:
PT Pandan International
26 Maret 2010


H O M E | Order Barang Jepang | Pandan College