RESULT

JIEF Humanitarian Award 2007

 

    Untuk pertama kalinya JIEF menganugerahkan Penghargaan (Award) dan hal itu di bidang kemanusiaan  (Humanitarian) sehingga disebut JIEF Humanitarian Award 2007. Hal ini untuk Menggugah hati khususnya bangsa Indonesia dan bangsa Jepang agar semakin “care” terhadap upaya-upaya kemanusiaan, terhadap sesama saudaranya yang mengalami kesulitan akibat bencana alam, baik gempa bumi, tsunami, banjir dan sebagainya.

    Kali ini seorang isteri dari seorang karyawan perusahaan televisi Jepang, masih berusian 30 tahunan, Kumiko Nishimura, dengan segala kemampuannya menyumbangkan 120,000 yen (terbagi dua, 100,000 yen dan 20,000 yen, melalui JIEF untuk disumbangkan kepada para korban bencana alam di Indonesia.

 “Saya sangat mencintai Indonesia. Apa pun yang diderita bangsa Indonesia rasanya saya juga ikut sedih,” paparnya kepada JIEF. Sama sekali tidak ada di pikirannya untuk menerima penghargaan ini.

    Bahkan sejak dihubungi JIEF, Nishimura malah menolak dengan keras untuk menerima Award ini, “Jangan jangan jangan, jangan saya yang menerima Award itu,” paparnya berkali-kali menolak. Namun setelah JIEF menjelaskan maksud tujuan Award ini, akhirnya Nishimura mau juga menerimanya dan disampaikan baru-baru ini di Tokyo dengan sederhana,  tanpa seremoni apa pun.

    JIEF memang berusaha  untuk memberikan penghargaan kepada setiap orang atau Perusahaan yang berjasa membantu semakin mengakrabkan   hubungan persahabatan kedua negara Indonesia dan Jepang.

    Olehkarena itu upaya konkrit seperti ini di masa depan JIEF juga akan memberikan penghargaan, misalnya, terhadap Perusahaan Jepang yang terbaik di Indonesia, berhasil di Indonesia sebagai The Best Japanese Company in Indonesia. Atau juga CEO Perusahaan Jepang- Indonesia terbaik karena berhasil membawa maju usaha Perusahaannya.

    Kerjasama semua pihak tentu sangat diharapkan untuk rencana-rencana tersebut di masa depan yang tentu berujung pangkal dapat meningkatkan hubungan ekonomi lebih baik lagi bagi upaya kedua bangsa dan negara mendekatkan diri satu sama lainnya.

    Sumbangan kemanusiaan yang JIEF terima sebagian telah diserahkan kepada gereja Katolik di Yogyakarta yang langsung dipakai untuk membantu para korban bencana alam gempa bumi di Yogyakarta tahun lalu.

    Sisa sumbangan yang ada akan disampaikan kepada korban bencana alam lainnya yang ada di Indonesia sehingga penyebaran bantuan dapat tersebar lebih luas tidak hanya di satu tempat saja. 

    Mudah-mudahan upaya ini mendapat sambutan seterusnya terutama dari para pembaca JIEF ini.

 

 

2007JIEFヒューマニタリアン賞

受賞者決定!

 

 

   JIEFがお贈りする初のJIEF賞は人道分野(ヒューマニタリアン)において貢献された方を対象とした「2007JIEFヒューマニタリアン賞」です。今回JIEF賞を設けた最大の目的は、インドネシアと日本、両国の皆様に、地震、津波、洪水等の天災に見舞われ困難を余儀なくされている人々への支援を呼びかけることでした。

  この「2007JIEFヒューマニタリアン賞」を受賞されることになったのは、日本の某テレビ局社員の奥様で30代の女性、西村久美子さんです。西村さんはJIEFを通じて、インドネシアで発生した自然災害の被災者のために2回に分けて計12万円の義捐金をお寄せくださいました。

  「私はインドネシアが大好きです。インドネシアの人々が困難な状況にあるのを見ると、私もつらくなります。」(西村さんのコメント)受賞については全く思いもよらなかったとのことで、JIEFが受賞についてご連絡すると「私がこんな賞をいただくなんて、とんでもないです。」と何度も辞退の旨を繰り返されましたが、今回のJIEF賞の趣旨をご説明し、ようやく受賞に応じてくださいました。西村さんには先日、東京にて、JIEF賞をお渡しさせていただきました。

   JIEFは今後も、インドネシア日本両国の友好関係の向上に貢献した個人或いは企業を表彰していく予定です。将来的には、インドネシアで最も成功している日本企業を対象とした「JIEFベストジャパニーズカンパニー賞」や、企業の発展に貢献したCEOに贈る「JIEFベストCEO賞」などを考えています。

  これらは全て、両国の友好関係、経済関係をさらに強化するためのモチベーションを高めることを狙いとしています。JIEFの企画が各方面の皆様よりご賛同、ご支援いただけますよう願っております。

 


Japan Indonesia Economic Forum | JIEF Economic Magazine | LongStay in Bali | Milis LowonganKerjadiJepang | Milis BeaSiswa | New Product


日本語学校(Japanese School) | Back To Beasiswa | H O M E