FAQ

Frequently Asked Questions

FAQ (Frequently Asked Questions)

Kursi Sangat Terbatas, Daftarkan Secepatnya Nama Saudara!

Updated December 7, 2009 (13:00)

1. Japan Education Fair (JEF) siapa yang menyelenggarakan?
PT Pandan International, Indonesia

2. Yang keberapa kali?
Yang KEDUA kali

3. Di mana Diadakan dan Kapan?
Untuk kedua kali akan diadakan Sabtu, 13 Februari 2010 di Surabaya dan 14 Februari 2010 di Jakarta. Pertama kali, yang lalu diadakan di Jakarta, Sabtu 29 Agustus 2009 (Hotel Nikko, Jl. MH Thamrin Jakarta Pusat, mulai jam 09.00 sampai dengan 14.00 - Hadir 1700 pengunjung) dan di Surabaya, Minggu 30 Agustus 2009 (Hotel Sheraton, Jl. Embong Malang, mulai jam 09.00 sampai dengan 13.00 - Hadir 800 pengunjung).

4. Mengapa menyelenggarakan JEF?
Karena publikasi dunia Pendidikan Jepang di Indonesia dalam bahasa Indonesia serta aktivitas Pendidikan Jepang di Indonesia masih sangat sedikit, masih sangat kurang. Sudah saatnya Indonesia mempromosikan dunia pendidikan Jepang lebih luas lagi dan lebih sering lagi dalam bahasa Indonesia. Dengan demikian dunia pendidikan kedua negara akan semakin dekat, masyarakat Indonesia semakian banyak yang tertarik untuk belajar bahasa Jepang. Apabila dapat menggunakan bahasa Jepang tidak akan ada lagi hambatan berkomunikasi dengan orang Jepang. Berarti hubungan kedua negara ini Indonesia-Jepang akan jauh semakin mesra. JEF ini inisiatif CEO Office Promosi Ltd., Tokyo, Japan, Richard Susilo yang juga Koordinator Forum Ekonomi Jepang-Indonesia (JIEF) di Tokyo, Jepang, dan beliau juga memiliki sekolah bahasa Jepang - Pandan College - bermarkas di Denpasar, Bali, Indonesia yang berdiri 22 Januari 2007. Diresmikan bersama oleh Gubernur Bali tanggal 26 April 2007.

5. Apakah JEF gratis (tapi perlu DAFTAR dulu), boleh diikuti semua orang Indonesia, dalam bahasa apa?
JEF gratis boleh diikuti semua orang Indonesia dan akan diselenggarakan dalam bahasa Indonesia saja. Kalau pun ada orang Jepang berbicara akan disampaikan langsung diterjemahkan ke bahasa Indonesia sehingga semua orang Indonesia sejak awal acara sampai berakhir acara dapat langsung mengerti apa yang dibicarakan atau disampaikan dalam acara JEF tersebut.

6. Apa kelebihan/keuntungan mengikuti JEF?
Salah satu kelebihan/keuntungan mengikuti JEF yang diselenggarakan oleh PT Pandan International ini, Apabila daftar sekolah ke Jepang pada salah satu sekolah Jepang, partisipan JEF ini, daftar melalui Pandan College, maka segala urusan persiapan untuk berangkat ke Jepang, termasuk Visa, akan dibantu kemudahan oleh Pandan College, bahkan sampai di Jepang akan dijemput, diuruskan tempat tinggal, agar nyaman bersekolah di Jepang, dan terus menerus dimonitor oleh pimpinan Pandan College (orang Indonesia) yang menetap di Tokyo Jepang, sehingga dijamin tidak akan terjadi Homesick, dan segala kesulitan siswa akan tersolusikan dengan baik.

7. Acara JEF apa saja? Apakah ada sertifikat seminar?
Seminar selama kira-kira dua jam, lalu dilanjutkan diskusi (face-to-face), konsultasi antara Pihak sekolah dengan setiap warga Indonesia yang hadir, pada setiap booth sekolah masing-masing. Bagi yang menginginkan Naskah seminar dan Sertifikat seminar harus membayar Rp.200.000,- per satu set.

8. Siapa yang boleh hadir di acara JEF?
Siapa pun (semua orang) boleh hadir terutama yang mengerti bahasa Indonesia karena hanya disampaikan dalam bahasa Indonesia saja.

9. Apakah saya boleh ikut di kedua tempat baik di Jakarta maupun di Surabaya?
Siapa pun boleh hadir di dua tempat gratis, asalkan mendaftar terlebih dulu. Tetapi naskah dan sertifikat harus membeli di masing-masing tempat karena nama kota akan tertulis lain terutama di Sertifikat Seminar. Berarti harus membayar Rp.400.000,- per satu set untuk Jakarta dan Surabaya. Materi naskah tidak akan banyak berbeda tetapi Sertifikat Seminar pasti berbeda karena nama kota berbeda.

10. Satu sertifikat seminar akan tertulis nama siapa? Bisakah dua nama orang jadi satu sertifikat? Bolehkan dikosongkan nama peserta seminar pada sertifikat tersebut?
Satu lembar sertifikat seminar hanya dapat ditulis nama satu orang peserta, bukan nama perusahaan, bukan nama sekolah. Tidak boleh tertulis lebih dari satu nama orang. Tidak boleh ada sertifikat seminar yang dikeluarkan kosong tanpa nama (orang).

11. Bagaimana cara membayar uang materi dan sertifikat seminar tersebut?
Transfer langsung ke rekening kami:

    PT Pandan International
    Bank BCA Capem Sesetan Denpasar Bali
    Acc. No.76701-79944

Kemudian bukti transfer (cukup fotocopy) dilampirkan bersama copy KTP atau identitas lain seperti SIM atau kartu maha(siswa) atau kartu nama, dan bersama Formulir Pendaftaran dari kami (dapat di-download dari web kami http://gakko.us/)
Semua dokumen dinantikan selambatnya tanggal 31 Januari 2010.
Kirim ke mana semua dokumen tersebut (copy bukti transfer, copy kartu identitas, Formulir Pendaftaran), dikirimkan ke:
    Pandan College
    Jl. Cok Agung Tresna No.15, Renon, Denpasar, Bali 80235
    Tel.0361-255-225 (Open: Mulai jam 8 pagi hingga jam 20.00 waktu Bali)
Apabila tidak mau membeli materi naskah seminar dan sertifikat seminar, tidak perlu kirimkan copy bukti transfer. Uang yang telah kami terima, dengan alasan apa pun tidak dapat dikembalikan.

12. Apakah semua persyaratan pendaftaran dapat dikirimkan lewat email?
Boleh saja asalkan terbaca jelas semua informasi yang tertera di semua dokumen tersebut. Jelas nama lengkap, alamat lengkap dan foto pemegang KTP. Kirimkan ke: info@gakko.us

13. Apakah boleh memperoleh naskah seminar saja tidak usah Sertifikat?
Mohon maaf karena naskah seminar dan sertifikat merupakan satu set dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain.

14. Apakah semua yang mendaftar JEF ini boleh hadir?
Apabila tempat cukup atau memungkinkan, semua boleh hadir. Tetapi apabila partisipan sangat meluap, jauh melebihi kapasitas ruangan kegiatan JEF, maka akan kami batasi. Olehkarena itu kami memiliki prinsip siapa cepat daftar, pasti mendapat prioritas untuk diperkenankan hadir pada acara JEF.

15. Bolehkah satu Formulir Pendaftaran untuk satu keluarga terdiri dari lima orang akan hadir di acara JEF?
Satu Formulir Pendaftaran boleh untuk lebih dari satu orang, asalkan menuliskan semua nama lengkap orang yang akan hadir di dalam acara JEF. Sedangkan fotocopy kartu identitas cukup satu orang saja yang mewakili kelompok beberapa orang tersebut. Orang tersebut yang memberikan copy kartu identitas, merupakan Penanggung Jawab atas kelompok beberapa orang yang tertulis pada satu Formulir Pendaftaran dan yang akan hadir di acara JEF.

16. Isi Seminar JEF apa saja?
Isi seminar JEF pada umumnya gambaran mengenai dunia pendidikan di Jepang, bagaimana cara masuk ke Jepang sebagai siswa atau pelajar, beasiswa, melanjutkan ke tingkat Master/Doktor, budaya Jepang serta berbagai informasi keadaan kehidupan di Jepang, biaya pendidikan dan sebagainya.

17. Bagaimana mengenai Beasiswa dari Jepang?
Pembicaraan beasiswa dapat ditanyakan kepada masing-masing sekolah dari Jepang setelah acara seminar berakhir, karena akan ada acara face-to-face diskusi antara pihak sekolah dengan pihak calon siswa dari Indonesia.

18. Berapa sekolah yang akan hadir dan dari mana, atau sekolah apa saja?
Akan hadir 16 sekolah dari Jepang ke Indonesia. Di antara sekolah yang hadir itu ada yang memiliki sekolah kejuruan Fashion, IT, dan sebagainya termasuk pula memiliki program sekolah bimbingan test untuk mempersiapkan siswa memasuki perguruan tinggi (universitas) di Jepang. Dari mana saja dan sekolah apa saja, akan diumumkan di web ini pada saatnya menjelang JEF karena saat ini masih dalam tahap pendekatan dengan berbagai sekolah di Jepang. Klik Di Sini Daftar Peserta.

19. Setelah acara JEF apa kelanjutannya?
Sebenarnya kembali kepada siswa sendiri, apa tujuannya menghadiri JEF? Bagi calon siswa dari Indonesia yang berminat sekolah ke Jepang dapat langsung menghubungi Pandan College, Tel. 0361-255-225, atau lewat email: info@sekolah.biz

20. Apabila saya tertarik menjadi siswa dari salah satu sekolah yang hadir di JEF bagaimana prosesnya?
Hubungi Pandan College, Tel. 0361-255-225, atau lewat email: info@sekolah.biz
Kami akan membantu proses kepergian untuk sekolah ke Jepang. Informasi lengkap akan kami berikan dan persiapkan bagi calon siswa Indonesia yang ingin sekolah ke Jepang. Sekolah ke Jepang akan mudah berjalan prosesnya apabila semua kelengkapan persyaratan imigrasi dapat saudara lengkapi dengan baik, termasuk pula jaminan orangtua dan uang yang cukup agar tak terlunta-lunta di Jepang. Mohon diingat mata uang Yen sangat kuat dibandingkan Rupiah dan biaya hidup di Jepang tidaklah murah.

21. Bagaimana kalau kami hanya tertarik untuk bekerja di Jepang bukan sekolah.
Maaf, kami hanya menyelenggarakan acara dengan tujuan untuk sekolah di Jepang bukan untuk bekerja di Jepang. Banyak persyaratan dibutuhkan supaya bisa pergi ke Jepang dan bekerja di perusahaan di Jepang. Namun yang paling dasar adalah menguasai bahasa Jepang dengan baik, setidaknya (saran kami) memperoleh sertifikat kecakapan berbahasa Jepang (NNS=Nihongo Noryoku Shiken) Level 2 (dua). Olehkarena itu sekolah bahasa Jepang teramat sangat penting bagi siapa saja, baik yang ingin melanjutkan studi lebih tinggi di Jepang maupun untuk yang ingin bekerja di Jepang. Tanpa penguasaan bahasa Jepang, upaya apa pun akan gagal dilakukan di Jepang dan akan buang-buang waktu, buang tenaga, buang uang dan buang energi percuma, selama saudara berada di Jepang, tanpa penguasaan bahasa Jepang yang baik.

22. Apakah saya bisa belajar bahasa Jepang dengan baik?
Tidak ada yang tidak bisa dan tak ada batas usia bagi yang ingin belajar. Siapa pun dan kapan pun dapat terus dan selalu belajar hingga akhir hayat apabila punya niat dan kemauan tinggi untuk belajar bahasa Jepang, pasti akan berhasil pada akhirnya. Manfaatkan kesempatan JEF untuk minta nasehat ke berbagai sekolah Jepang yang hadir nanti.

23. Kapan menerima Naskah Seminar dan Sertifikat Seminar?
Di Tempat JEF (saat penyelenggaraan JEF). Olehkarena itu bawalah bukti transfer pembayaran dan perlihatkan kepada kami bersama UNDANGAN yang kami kirimkan lewat email. Undangan akan dikirimkan lewat email tanggal 1 Agustus 2009. Periksalah email saudara, dan ada kemungkinan email kami masuk ke Spam Box email saudara.

24. Kalau lupa membawa UNDANGAN dari kami apakah tak bisa masuk?
Bisa masuk asalkan menyebutkan Nomor Pendaftaran dan memperlihatkan Bukti Identitas asli saudara kepada kami. Nama Pendaftaran harus sesuai dengan Nama yang tertulis di Bukti Identitas (seperti KTP atau SIM dan sebagainya).

25. Kalau datang langsung ke tempat JEF apakah bisa?
Bisa saja diterima dan bisa masuk, APABILA masih ada kursi duduk. Apabila ternyata jumlah pengunjung over (melebihi kapasitas), sebelumnya kami mohon maaf kalau Saudara nantinya mungkin ditolak masuk ke lokasi JEF.

26. Saya pimpinan Perusahaan, mau partisipasi, atau berpromosi di lokasi JEF, apakah diperkenankan?
Diperkenankan. Untuk lengkapnya silakan hubungi kami per telepon 0361-255-225 atau lewat email: info@gakko.us atau datang langsung ke Pandan College, Hubungi Sdri. Dewi.

27. Saya ingin sekolah di perguruan tinggi Jepang, saya ingin melanjutkan ke S2 (Master) dan S3 (Doktor) di Jepang, bagaimana caranya?
Inilah memang tempat untuk bertanya. Di acara JEF ini mudah-mudahan saudara menemukan jawabannya mulai proses pengurusan visa untuk sekolah di Jepang sampai kepada informasi berbagai sekolah di Jepang. Terakhir tentu penjelasan jalan menuju ke perguruan tinggi di Jepang. JEF adalah tempat untuk bertanya soal ini terutama pada saat seminar. Olehkarena itu cepatlah daftar, yang cepat yang dapat. Apabila terlalu banyak yang mendaftar, terpaksa akan kami lakukan seleksi, karena tempat sangat terbatas.

28. Tolong jelaskan lebih rinci kalau pendaftaran Grup/kelompok.
1. Contoh formulir pendaftaran kami dapat dibuat sendiri dengan style yang sama.
2. Semua nama lengkap ditulis. Misal grup itu (yang ingin menghadiri JEF) terdiri dari 10 orang, maka 10 orang tersebut dengan nama lengkap ditulis pada Formulir Pendaftaran.
3. Di belakang semua nama itu tuliskan saja usia memakai tanda kurung. Misalnya bernama: Dewi Nama Indah (20th)
4. HANYA alamat lengkap Penanggungjawab grup itu saja dituliskan di Form Pendaftaran dan tak perlu alamat semua anggota grup. Tuliskan pula (beri keterangan) bahwa alamat itu adalah alamat si ABC atau si XYZ yang tertulis di antara (misalnya) 10 nama tersebut sebagai Penanggungjawab Grup.
5. Form yang telah dibuat dapat dikirimkan lewat email kepada kami beserta scan copy KTP (identitas diri) yang jelas tertulis nama, alamat dan foto si penanggungjawab). Atau dapat dikirimkan lewat pos ke: Pandan College

29. Sampai umur berapa boleh belajar bahasa Jepang?
Belajar bahasa Jepang sama juga belajar bahasa lain, tidak ada batasan usia. Belajar bahasa tidak mengenal SARA. Belajar bahasa dapat dilakukan siapa pun, kapan pun, di mana pun. Memang belajar bahasa Jepang tidak mudah. Tetapi bukan berarti tidak bisa dipelajari. Sudah banyak orang Indonesia yang memiliki kemampuan bahasa Jepang sangat baik saat ini. Berarti kita semua dapat pula seperti mereka. Masalahnya, apakah kita punya niat belajar bahasa Jepang yang tinggi atau tidak? Semua itu kembali kepada niat kita sendiri, keinginan kita sendiri untuk belajar lebih baik dari sebelumnya. Gambatte kudasai!

30. Walaupun gratis masuk dan mengikuti JEF, mengapa harus mendaftar?
Karena kami ingin semua peserta, partisipan, masyarakat yang masuk, jelas adanya identitas segalanya, sehingga apabila ada kejadian yang membutuhkan kerjasama dengan pihak kepolisian, semua akan jelas dan dapat membantu kelancaran pihak kepolisian dengan baik.

31. Sepertinya saya pernah tahu ada pameran pendidikan serupa JEF ini, apa bedanya dengan yang sebelumnya pernah ada di Indonesia?
JEF ini pertama kali dilakukan di Indonesia oleh warga Indonesia, bangsa Indonesia, yang berdomisili di Tokyo, Jepang, untuk orang Indonesia, untuk bangsa dan tanah air Indonesia. Olehkarena itu kami menyajikan keseluruhan dalam bahasa Indonesia. Lain dengan acara serupa ini yang sebelumnya yang dilakukan oleh orang atau kelompok non-Indonesia. Olehkarena itu dukungan kita semua sebagai rakyat dan bangsa Indonesia sangatlah kami harapkan demi kelancaran dan suksesnya acara kita bersama ini. Kita harus bisa menunjukkan bahwa Bangsa Indonesia pun Bisa! Yes, we can!

32. Kalau datang ke acara JEF sebaiknya pakai pakaian apa?
Pakai pakaian bebas dan rapi. Sangat diharapkan tidak menggunakan sendal dan lepaskan topi yang ada di kepala saudara setelah berada di dalam hotel.

33. Setelah Undangan diterima lewat email, dicetak sendiri pakai kertas apa?
Undangan yang diterima lewat email (Undangan hanya dikirimkan lewat email), sangat diharapkan dapat dicetak menggunakan kertas putih HVS ukuran maksimum A4 (21cmx29,5cm). Jangan menggunakan kertas warna. Hanya kertas putih saja.

34. Apakah JEF ini resmi dan siapa pendukungnya?
JEF merupakan kegiatan resmi dari swasta Indonesia. Terbukti dengan dukungan (supported by) yang datang dari The Embassy of Japan in Indonesia, The Japan Foundation dan terpenting juga dari badan perdagangan luar negeri Jepang (JETRO) serta Kadin Indonesia. Selama ini Japan Education Fair di mana pun diselenggarakan, tidak ada yang mendapat dukungan dari Jetro. Hanya JEF kami ini yang pertama kali di dunia mendapat dukungan dari Jetro sejak 14 Juli 2009. Satu kebanggaan bagi bangsa Indonesia memperoleh kepercayaan ini. Demikian pula bukti bahwa kami dipercaya oleh banyak pihak. Terima kasih sebesarnya untuk seluruh warga Indonesia di mana pun berada, yang telah mendukung kami baik secara langsung maupun dengan doanya, sehingga persiapan JEF berjalan dengan sangat baik hingga saat ini. Kiranya Tuhan berkati selalu usaha kita ini. Bangsa Indonesia pasti bisa kalau mau melakukan. YES WE CAN!



Denpasar, 1 April 2009