We Will Open The Worldof knowledge for you!
More Website Templates at Promosi.jp!

Lomba Pidato Bahasa Jepang ke-2

第二回 日本語スピーチコンテスト

Absen Ujian Untuk Ikut Lomba Pidato Pandan College

Begitu inginnya anak daerah ini ke Jakarta. Ada ujian pun tetap saja ingin ke Jakarta, karena terpilih mewakili Bali dalam Lomba Pidato Bahasa Jepang (LPBJ) kedua yang diselenggarakan Pandan College Minggu lalu di Gading Serpong Tangerang.

Itulah I Ketut Ari Guna Santiyasa, 17, yang berasal dari Bangli, tiga jam perjalanan dari Denpasar, Bali, “Saya minta ijin sama guru saya dan Kepala Sekolah, akhirnya diijinkan ikut ujian susulan Rabu mendatang. Hal ini dilakukan karena saya mau ikut Final LPBJ Pandan College, meskipun Sabtu kemarin seharusnya saya ikut ujian di sekolah,” paparnya. Ternyata usahanya tidak sia-sia. Ari mendapat Juara Kedua dalam LPBJ tersebut dan berhak mendapat tiket gratis ke Jepang pergi-pulang dari sekolah bahasa Jepang Pandan College yang sudah lebih dari lima tahun berdiri ini.

Juara pertama diraih siswi SMA asal Bogor, Aisyiyah Maulina Zahra, 17 (Kiri), “Dengan demikian, Aisyiyah dan I Ketut Ari Guna Santiyasa berhak memperoleh tiket Jakarta-Tokyo pulang pergi,” kata Richard Susilo, Komisaris Pandan College, usai menyerahkan hadiah kepada pemenang. Juara ketiga adalah Karima Rakhma Putri dari Pamulang, Ayu Anisa Yuliantri (Jakarta) sebagai Runner up Pertama dan Fia Andariyana (Pondok Labu) sebagai Runner up Kedua.

Menurut Richard, program LPBJ ini sebenarnya lebih kepada program pertukaran budaya di mana anak Indonesia dapat ke Jepang dan diharapkan anak muda Jepang juga berbondong ke Indonesia untuk saling memahami, menjadi sahabat satu sama lain.

“Apabila mereka saling kenal dan bahkan menjadi sahabat satu sama lain, saya yakin masa depan hubungan kedua negara akan semakin indah, semakin kental, dan semakin baik. Bukan hanya antar manusia, tetapi juga di segala bidang kemasyarakatan, sosial, ekonomi dan politik,” kata Richard.

Saat ini keharuman nama Indonesia memang sudah baik di negeri Sakura tersebut. Namun dengan semakin berkurangnya jumlah manusia Jepang saat ini, sudah sewajarnya kalau generasi muda Indonesia yang jumlahnya sangat banyak, memperoleh kesempatan pergi ke Jepang. Pandan College siap memfasilitasi mahasiswa Indonesia yang ingin belajar di Jepang.

Para peserta Lomba Menggambar dan Mewarnai Pandan College (Pertama) untuk Anak-anak

Lebih menarik lagi, mulai sekarang murid Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) Indonesia, tahun depan setelah lulus, dapat langsung masuk kelas satu SLTA di Jepang melalui Pandan College, “Ini adalah yang pertama kali dalam sejarah pendidikan di Indonesia, di mana murid SLTP Indonesia setelah lulus dapat langsung masuk ke SLTA di Jepang dan itu hanya dapat dilakukan melalui perantaraan Pandan College.”

LPBJ terbuka untuk umum, baik laki-laki maupun wanita berusia sampai dengan 24 tahun. Tema pidato tentang lingkungan hidup. Peserta diharuskan membuat skenario pidato yang akan dibawakan, namun tidak boleh dibaca. Isi pidato LPBJ semi final dan final tidak boleh sama. Pemenang juga mendapat hadiah lainnya, termasuk jutaan rupiah Voucher Pandan College yang dapat dipakai untuk mengurangi biaya belajar di Pandan College.

Selain LPBJ, Pandan College juga menyelenggarakan Homestay seminggu di Jepang, termasuk belajar di sekolah Jepang dan kunjungan langsung ke pabrik mobil Toyota sehingga dapat melihat langsung proses pengerjaan sebuah mobil di pabrik mobil dunia tersebut.

Pandan College juga memberikan beasiswa 20.000 yen per bulan bagi siswanya yang terpilih sekolah ke Jepang dan juga beasiswa Rp.250.000,- per bulan bagi murid sekolah dasar Indonesia. Saat ini telah 20 orang murid sekolah dasar Indonesia memperoleh Beasiswa tersebut.

Juara Lomba Menggambar dan Mewarnai:

Juara I Kategori 1 Almira

Juara I Kategori 2 Scholastika Bulan

Pandan College
Jl. KH Dewantara Ruko Golden 8 No.C6-C7, Gading Serpong, Tangerang, Indonesia 15114
Tel.021-2727-2511, 021-2923-8782, Fax.021-2923-8784

Jl. Cok Agung Tresna No.15 Griya Alamanda Blok No.7
Denpasar 80235, Bali, Indonesia
Tel.0361-255-225, 0361-796-7654 Fax.0361-724-377

Email: info@sekolah.biz URL: http://www.pandan.ac.id/

Read More About Admissions (Klik Di Sini Bagi Pendaftaran dan Pembayaran)
Japanese Language School, Pandan College, Tangerang (Tel.+6221-2727-2511, +6221-2923-8782), Bali (Tel.+62361-255-225, +62361-796-7654) Email: info@sekolah.biz

H O M E | Japan-Indonesia Economic Magazine | Order "Made in Japan" | Penerbitan Buku | Longstay in Bali | Forum DIKBUD